Cara Mengatasi Penyakit Asam Urat

 

Mengatasi asam urat yang dimaksudkan dalam pembahasan ini adalah suatu cara mengatasi asam urat yang melebihi ambang batas yang direkomendasikan secara medis agar turun kembali ke kondisi normal. Kadar normal asam urat untuk wanita berkisar 2,4 hingga 6,0 sementara bagi pria antara 3.0 hingga 7,0. 

Sebelum kita mencari cara mengatasi penyakit asam urat, sangat penting bagi kita untuk mengetahui sekaligus mendeteksi penyebab kenapa asam urat kita menjadi naik. Tanpa kita mengetahu penyebab naiknya asam urat, maka bisa dipastikan kita akan kesulitan didalam mendeteksi penyebab kenapa asam urat kita menjadi naik. Ok, untuk mengetahui berbagai penyebab penyakit asam urat silahkan baca di sini 

Setelah Anda membaca dan mengetahui penyebab penyakit asam urat, maka saatnya kita sekarang membahas cara mengatasi asam urat.  Seperti yang telah kita ketahui bahwa berdasarkan faktor penyebanya, penyakit asam urat dibagi menjadi dua macam, yaitu penyakit asam urat primer dan penyakit asam urat sekunder.

Mengatasi asam urat yang disebabkan oleh faktor primer

Penyebab asam urat primer dan cara mengatasinya:

  1. Faktor keturunan atau genetik
    Penyakit asam urat yang disebabkan faktor genetik atau turunan memang sangat sulit cara mengatasinya dari sisi genetiknay. Bahkan Hampir dipastikan seseorang tidak akan bisa merubah potensi genetik yang ada padanya karena dia sudah bersifat turunan. Atau dikatakan emang sudah dari sana-Nya begitu.
    Namun jangan khawatir, potensi genetik insya Allah tidak akan berpengaruh apabila faktor perangsang timbulnya penyakit asam urat yang lain bisa dikendalikan. Orang yang sudah punya potensi genetik untuk terkena penyakit asam urat insya Allah akan bisa  terbebaskan dari penyakit asam urat apabila dia bisa mengendalikan penyebab-penyebab yang lain. Nah, mengatasi penyebab-penyebab yang lain inilah yang akan kita bahas secara panjang lebar dalam blog ini. Silahkan Anda lanjutkan membaca pada pembahasan-pembahasan di  bawah ini dengan seksama.
     
  2. Faktor ketidakseimbangan hormon
    Sebelumnya, Anda harus tahu dulu apa itu hormon?. Dia adalah pembawa pesan kimiawi antar sel atau kelompok sel. Hormon beredar mengikuti sirkulasi darah dan cairan cel untuk mencari cel target. Setelah menemukan sel target, hormon akan mengikat protein reseptor tertentu pada permukaan sel dan mengirimkan sinyal. 
    Reseptor protein akan menerima sinyal tersebut dan bereaksi baik dengan mempengaruhi ekspresi genetik sel atau mengubah aktivitas protein selular, termasuk di antaranya adalah perangsangan atau penghambatan pertumbuhan serta apoptosis (kematian sel terprogram), pengaktifan atau penonaktifan sistem kekebalan tubuh, pengaturan metabolisme dan persiapan aktivitas baru (kawin, merawat bayi), atau fase kehidupan (misalnya pubertas dan menopause). Pada banyak kasus, satu hormon dapat mengatur produksi dan pelepasan hormon lainnya. Hormon juga mengatur siklus reproduksi pada hampir semua organisme multiselular.
     
    Ketidakseimbangan hormon akan mempengaruhi sistem kerja dalam tubuh. Sistem kerja cel, jaringan cel, organ dan sistem kelenjar dalam tubuh tidak berjalan sebagaimana mestinya. Bahkan ketidakseimbangan hormon akan mempengaruhi proses pembentukan purin dalam tubuh baik menjadi meningkat melebihi yang dibutuhkan atau menurun sehingga tubuh kekurangan zat purin. Apabila terjadi proses pembentukankan purin jauh melibihi yang dibutuhkan tubuh, maka tubuh akan sangat potensial untuk terserang penyakit asam urat.

    Ketidakseimbangan hormon dipengaruhi antara lain:
    1. Ketidakseimbangan emosi dan pola  hidup yang tidak teratur
    2. Radikal bebas dan penumpukan racun dalam tubuh

    Cara mengatasi asam urat akibat ketidakseimbangan hormon
    1. Selalu berfikir positif
    2. Mengendalikan emosi dan menghindari konflik
    3. Terapkan pola hidup yang baik dan teratur
    4 Seimbangkan masa aktif dan masa istirahat
    5. Lakukan pengeluaran racun dalam tubuh atau detoxifikasi
        (caranya klik di SINI)
     
  3. Terganggunya proses pengeluaran asam urat di ginjal
    Dalam kondisi normal, ginjal akan membuang sisa-sisa metabolisme melalui urine atau air kencing. Namun apabila terjadi masalah pada ginjal alias ginjal dalam kondisi tidak fit atau sakit, maka secara otomatis akan mengganggu pembuangan hasil sisa-sisa metabolisme seperti asam urat dan lain-lain. Asam urat yang tidak terbuang malalu urine ini akan terus mengendap dalam urat yang pada akhirnya tertimbun dalam jaringan dan persendian. Pada akhirnya terjadilah penyakit asam asam urat.

    Namun perlu dipahami juga bahwa asam urat  yang berlebih melebih kemampuan ginjal normal untuk membuangnya juga akan mengakibatkan penyakit ginjal. Asam urat yang terlalu tinggi dalam darah dan ginjal tidak mampu mengeluarkannnya - padahal ginjalnya dalam keadaan sehat- lama kelamaan juga akan menumpuk di dalam ginjal sehingga akan mennyebabkan gijal menjadi sakit. Bahkan kelebihan asam urat akan memicu terjadinya batu ginjal.

    Cara mengatasi penyakit asam urat yang disebabkan ginjal yang bermasalah
    1. Segera kurangi konsumsi makanan yang byk mengandung purin
    2. Segera lakukan upaya penyembuhan ginjal yang lagi sakit
    3. Perbanyaklah minum air putih untuk memperingan kerja ginjal dan detoksifikasi
    4. Lakukan detoksifikasi atau pengeluaran racun scr terpadu- caranya klik di SINI 

Cara Mengatasi penyakit asam urat  yang disebabkan oleh faktor sekunder

Penyebab asam urat sekunder dan cara mengatasinya:

  1. Konsumsi makanan yang mengandung purin tinggi
    Mengkonsumsi makanan yang tinggi purin merupakan penyebab utama terjadinya penyakit asam urat. Banyaknya purin yang masuk ke dalam tubuh kita akan menghasilkan sisa metabolisme purin yang banyak dalam darah yaitu asam urat. Kadar Asam urat yang tinggi dalam darah tentu akan menyulitkan atau memperberat kerja ginjal untuk mengeluarkan asam urat tersebut bahkan berujung pada ketidakmampuang ginjal untuk mengeluarkan semua hasil metabolisme tersebut. Pada akhirnya asam urat tertimbun dalam berbagai organ tubuh seperti persendian, liver, dalam darah, dan bahkan akan mengendap dalam ginjal. 

    Timbunan-timbunan asam urat  yang tidak segara diatasi akan mengakibatkan timbulnya komplikasi.

    Cara Mengatasi asam urat yang disebabkan oleh konsumsi makanan tinggi purin:
    1. Segera hentikan mengkonsumsi makanan yang byk mengandung purin
    2. Perbanyaklah minum air putih untuk mengencerkan  asam urat dan melarutkannnya sehingga mudah dikeluarkan oleh ginjal
    3. lakukan detoksifikasi serara terpadu dan terarah - caranya klik di SINI
    4. Lakukan diet yang tepat dan terarah, caranya klik di SINI
    5. Lakukan pengobatan secara tepat dan alami. Pengobatan yang kami sarankan adalah pengobatan secara alami. Usahakan semaksimal mungkin untuk tidak menggunakan oba2tan kimia. Kecuali dalam kondisi darurat. Caranya Klik di SINI

  2. Alkohol dan obat-obatan
    Minuman beralkohol sangat berbahaya bagi kesehatana secara umum. Dia bisa merusak jaringan syaraf otak dan syaraf lainnya. Inilah salah satu hikmahnya kenapa minuman beralkohal diharamkan dalam agama Islam. Alkohol lebih banyak efek negatifnya ketimbang manfaatnya. Kami sarankan kepada Anda baik yang masih sehat lebih-lebih yang sudah sakit untuk meninggalkan minuman beralkohok sama sekali. Kalau tidak, masa tua Anda akan terncam mudah terserang penyakit. Berilah contoh yang baik kepada anak cucu Anda. Jangan ajari mereka untuk menyentuh minuman keras
    Eh, sorry ! Kok malah ceramah. Tapi ga apalah, mudah2an berguna.

    Alkohol dan obat-obatan merupakan racun dalam tubuh. Semakin banyak Anda mengkonsumsi alkohol dan obat-obatan, maka potensi menumpuknnya racun dalam tubuh semakin besar. Penumpukan racun dalam tubuh merupakan salah satu sebat utama tubuh kita  terserang penyakit termasuk penyakit asam urat. Disamping itu alkohol juga mengandun purin.

    Cara mengatasi penyakit asam urat akibat minuman beralkohok dan obat-obatan
    1. Segera hentikan dan jauhi segala bentuk minuman beralkohol
    2. Hentikan mengkonsumsi obat-obatan kimia kecuali memang terpaksa sesuai anjuran dokter
    3. Perbanyaklah minum air putih
    4. lakukan detoksifikasi atau pengeluaran racun. caranya klik di SINI
    5. Lakukan pengobatan secara alami. Ini yang kami sarankan. info lanjut klik di SINI

Demikianlah cara mengatasi asam urat atau cara mengatasi penyakit asam urat. Mudah-mudahkan artikel ini bermanfaat. (dirangkum dari berbagai sumber)


Info terkait dengan Cara Mengatasi Penyakit Asam Urat


Kembali ke  halaman depan

 
 
 
 
 
 
 
 
 
www.penyakitasamurat.net
Pilihan Bahasa
KUNJUNGAN KE WEB INI